Saturday 24 March 2018

Membuat email account di cpanel

Jika kita sudah memiliki domain dan hosting pribadi ataupun perusahaan, maka selanjutnya adalah membuat email dengan domain tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan karena sebagai identitas sebuah organisasi dan juga perorangan. Sering kita bertanya kenapa harus membuat email account dengan domain sendiri jika bisa memakai alamat email yang sudah tersedia seperti gmail, yahoo, dan lainnya. Jawabannya adalah sebagai berikut :
Membuat email dengan domain sendiri dapat membantu meningkatkan traffic dari website, Jika kita berkomunikasi melalui email pribadi, maka secara otomatis hal ini akan meningkatkan traffic website yang telah kita buat.
Adanya rasa keamanan karena dengan membuat email server pribadi bahwa database email hanya terbaca kepada pemiliknya. Sering kita mendengar bahwa terjadi hacking email atau kebocoran email.
Meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi karena dengan menggunakan email pribadi menunjukan originalitas dalam sebuah organisasi, jadi meciptakan kesan mandiri dan tidak seperti benalu yang menumpang pada induknya.   
Yang paling utama adalah mensejajarkan diri dalam sebuah organisasi internasional, karena perusahaan besar ssecara umum menggunakan email dengan domain perusahaan dan jarang sekali menggunakan email yang umum seperti gmail, yahoo, msn dan lainnya. 
Ada pun langkah langkah dalam membuat email server sendiri adalah sebagai berikut,

halaman login cpanel
1. login ke cpanel website https;//yourwebsite/cpanel. Kita diminta untuk memasukan username dan password, biasanya username dan password itu diberikan kepada seseorang yang mendaftarkan pertama kali domain serta hostingnya. Sudah tentu seseorang yang membangun website itu mengetahui username dan password cpanel. Tapi ingat bahwa username dan password cpanel sangatlah rahasia, dan tidak boleh diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan karena beresiko terjadi pencurian data/file pada server.

email menu
2. Setelah login dicpanel maka selanjutnya adalah mencari menu email seperti gambar diatas, mungkin template yang digunakan berbeda akan tetapi didalam cpanel selalu ada menu email untuk membuat email account dan juga lainnya. Secara umum yang harus memilik email account adalah seorang Administrator website, Customer Service, Sales & Marketing, Publisher, Purchasing, dan HRD. Hal itu dilakukan karena sering melakukan contact dengan pihak luar.

3. Setelah mendapatkan menu email, maka selanjutnya adalah klik Emaill Accounts, didalam email account akan menampilkan gambar dibawah ini.

4. Pada gambar diatas, kita memasukan nama email yang diinginkan, bisa mewakili suatu bagian seperti sales01, sales02, sales03 atau marketing01, marketing02 dan sebagainya. Setelah kita memilik nama account email maka masukan password yang di inginkan.

Note; Jika suatu hari nanti user mau ganti password maka untuk merubah password harus melalui halaman cpanel. 

Ada tahapan selanjutnya agar user dapat mengakses halaman email masing masing yaitu dengan dua cara,  melalui webmail dan setup mail client. Disarankan agar menggunakan setup mail client agar hemat storage pada database dan file server, karena dengan hemat penggunaaan storage pada hosting pada akhirnya menghemat tagihan hosting selanjutnya.

Umumnya setup mail client menggunakan outlook sebagai interface mail, outlook biasanya sudah terinstal pada komputer berbasis windows yang telah menginstal paket office, dan jika menggunakan linux atau mac maka ada beberapa software email client seperti dibawah ini; 

Mailspring
Mailspring (Previously known as Nylas Mail)
Thunderbird

Atau alternatif lain Kita bisa menggunakan gmail sebagai interface webmail, untuk tutorail menggunakan gmail sebagai interface silahkan KLIK tutorialnya.