Wednesday 5 December 2018

Mengenal dan belajar Dialux

Dialux merupakan software yang berfungsi untuk mengolah data untuk pencahayaan, maksudnya adalah dengan dialux Kita dapat mengetahui cahaya yang dihasilkan oleh lampu atau matahari dengan simulasi tiga dimensi, dengan dialux kita dapat mengetahui penyebaran serta kekuatan cahaya pada sebuah area. 

Sebagai contoh, dalam sebuah bangunan sekolahan berapa titik lampu yang diperlukan agar target lux (sesuai standar SNI) dapat  terpenuhi, atau berapa lux sebuah ruangan (yang memiliki jendela) ketika siang hari, atau berapa titik lampu yang diperlukan untuk menerangi sebuah ruangan sesuai standar SNI Pencahayaan.

Dengan dialux, Kamu dapat menjawab pertanyaan diatas, karena dialux dapat menyajikan kebutuhan informasi sesuai dengan data data yang telah di input sesuai fakta lapangan. Ada baiknya selain dengan dialux, kamu mengenali beberapa software seperti Sketchup, Autocad dan photometric.

Masing masing software memiliki peranan yang penting untuk dapat menghasilkan beberapa files yang diperlukan seperti dibawah ini.

Selengkapnya


Beberapa contoh project dasar dialux 4.13 di bawah ini.